Pada waktu kita menyalakan komputer, ia mencari sistem operasi di drive A: ataupun C: ,kemudian memasukkannya kedalam memori bawah. Selanjutnya sistem akan terus berada disitu dan apabila kita menjalankan program aplikasi misalnya game maka program tersebut akan disimpan di atas sistem operasi, sehingga sistem operasi tetap ada walaupun kita sedang menjalankan game tersebut. Inilah yang disebut residen, yaitu program yang tetap tinggal di memori.
Dalam contoh kita ini bila game tadi telah selesai maka ia akan lenyap dari memori dan bila kita menjalankan program aplikasi lainnya, misalnya WS maka tempat memori yang digunakan oleh game kita akan digunakan oleh WS. Ini adalah contoh dari program yang tidak residen karena ia hanya sementara waktu berada di memori. Contoh program residen yang terkenal misalnyaSideKick, Print(dos) dan Doskey.
Program residen adalah program yang akan menetap dimemory seperti halnya DOS dan program residen ini akan berada tepat diatas Operating System. Program residen akan dianggap sebagai bagian dari Operating System sehingga bila dijalankan program aplikasi maka program aplikasi tersebut akan ditaruh diatas program residen sehingga program residen kita tetap utuh.
Program residen adalah suatu bentuk program yang menarik. Karena program residen menetap pada memory, maka semakin banyak program residen dijalankan, memory akan semakin berkurang untuk digunakan oleh program aplikasi. Program residen, haruslah dibuat sekecil mungkin untuk menghindari pemakaian memory yang terlalu banyak. Hanya dengan Assembler-lah, sebuah program dapat dibuat sekecil mungkin. Bayangkan, program untuk menghapus layar, dengan bahasa tingkat tinggi seperti pada pascal dan C digunakan sekitar 3232 byte, sedangkan pada assembler sekitar 7 byte.
Model Program Residen
Dalam pembuatan program residen, kita dapat membaginya dalam 2 bagian pokok, yaitu :
- Initialize section, yaitu bagian dari program yang bertugas meresidenkan residen section. Bagian ini sendiri tidak residen, dan pada bagian inilah suatu vektor interupsi diubah.
- Residen section, yaitu bagian program yang akan menetap pada memory. Program ini akan tetap tinggal pada memory sampai dihilangkan, atau sampai komputer direset.
Membelokkan Tombol PRTSCR
Pada program berikut ini akan anda lihat bagaimana membelokkan interupsi 05h(PrtScr) ke interupsi 1Bh. Interupsi 1Bh adalah suatu interupsi yang akan selalu terjadi bila anda menekan tombol Ctrl+Break. Dengan demikian setelah program "breaks" dijalankan, penekanan tombol PrtScr akan sama halnya dengan penekanan tombol Ctrl+Break.
Simpan program dengan nama BREAKS.ASM
Kemudian, jalankan program di DOSBOX :
Jika sudah, jalankan program RONTOK1.ASM untuk melihat apakah program berjalan sesuai keinginan. Ketika kita menekan tombol PrtScr maka program tersebut akan berhenti sementara (Pause) dan ketika kita menekan tombol Enter program akan berjalan lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar